7 Trik Mencegah Berat Badan Naik Saat Liburan

Sobat Kulyog, saat ini wisata kuliner menjadi bagian tak terpisahkan saat liburan. Tidak heran sebagian orang mengalami kenaikan berat badan setelah menjalani liburan. Memang, tidak ada salahnya “menikmati hidup” dan melupakan segala diet yang tengah kamu jalani. Tapi, tentu akan lebih menyenangkan kalau kita tidak perlu pusing memikirkan lemak yang menumpuk saat di akhir liburan.

7 Trik Mencegah Berat Badan Naik Saat Liburan
7 Trik Mencegah Berat Badan Naik Saat Liburan

Nah, kali ini Kuliner Yogya akan berbagi tips bagaimana kamu bisa menikmati liburan tanpa membawa lemak tambahan ketika pulang ke rumah.

1. Sampaikan niat kamu ke teman seperjalanan

Sebelum memulai perjalanan ada baiknya kamu memilih teman perjalanan yang setipe denganmu. Jika sedari awal kamu telah memberitahunya rencanamu untuk makan tidak berlebihan dan menjaga berat badan selama liburan. Pastikan teman seperjalananmu memahami keinginanmu. Carilah orang yang selalu mendukung niat kamu untuk menjaga kesehatan.

2. Selalu siap dengan air putih

Membawa sebotol air putih kemanapun kamu pergi. Selain mencegah kamu mengalami dehidrasi, kamu juga bisa “menipu” pencernaan kamu sehingga tidak cepat merasa lapar.

3. Tetap aktif

Usahakan mencari kegiatan yang membuat kamu bergerak aktif selama liburan. Mungkin kamu bisa menyewa sepeda, mendaki bukit atau sekedar berenang dua putaran di kolam renang hotel.

4. Pilih menu makanan yang menyenangkan

Walaupun kamu berniat menjaga berat badan, bukan berarti kamu tidak bisa bersenang-senang saat menjalaninya. Dari tiga waktu makan (pagi, siang dan malam) pilih salah satu waktu untuk “boros”. Kamu bisa mendatangi salah satu restoran ternama di daerah liburan kamu dan mencicipi menu khas mereka.

5. Sisipkan menu “bebas diet” di salah satu jam makan

Kalau destinasi liburan kamu memiliki hidangan penutup khas seperti es krim, kue manis, cokelat dan sebagainya, tidak ada alasan bagi kamu untuk melewatkannya bukan? Tapi, usahakan agar kamu tidak berlebihan mengonsumsinya dan membatasi menu itu hanya di salah satu waktu makan (lebih disarankan pada pagi atau siang hari).

6. Bawa bekal

Kunjungi swalayan atau pasar tradisional setempat dan belilah beberapa bahan makanan yang sehat seperti buah dan sayuran. Kamu bisa membuat bekal yang sudah terjamin bersih dan tidak mengandung lemak tinggi untuk perjalanan kamu berikutnya. Selain sehat, kamu juga bisa menghemat pengeluaran, kan?

7. Perbanyak makan buah dan sayuran

Beberapa penelitian di bidang kesehatan menyebutkan mengkonsumsi lebih banyak buah atau sayuran sangat baik untuk kesehatan lambung. Apel, Anggur, Pisang adalah beberapa buah yang bisa kamu sisipkan ke tas selama traveling menggantikan biskuit dan roti. Selain mencegah sembelit saat liburan, makan buah dan sayuran yang memiliki banyak serat akan membuat perutmu tidak mudah keroncongan. Dijamin kamu tetap sehat dan perut pun tak sesak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Next Post

Menikmati Pagi di Kopi Ketjil Jogja

Sat Jul 27 , 2019
Hari belum beranjak dari pagi saat langkah membawaku memasuki kedai kopi satu ini. Terletak di jalan Demangan Baru No 5, Sleman, Yogyakarta. Kopi Ketjil buka dari pukul 9 pagi hingga pukul 10 malam. Sesuai namanya, kedai kopi satu ini tergolong mungil. Menempati sebuah bangunan kios berukuran 3×10 meter persegi di […]
Kopi Ketjil Jogja | Fotografer Andika Hermawan

You May Like