Gudeg Kangen Bu Manto, Kenikmatan Gudeg Kakilima

Satu lagi gudeg kaki lima yang menjadi favorit warga Jogja. Berlokasi di jalan Affandi No. 15, Soropadan, Condongcatur, Kecamatan Depok, Sleman, Jogja. Kamu bisa lewat perempatan lampu merah ringroad Condong Catur ke selatan sedikit persis depan Masjid Ash-Shobar atau Pom Bensin kalian akan menemukan orang-orang yang berbaris mengantri. Nah, disitulah lokasi Gudeg Kangen Bu Manto namanya yang buka pukul 07.00 – 12.00 WIB.

Gudeg Kangen Bu Manto | Fotografer Reza Rizki
Gudeg Kangen Bu Manto | Fotografer Reza Rizki

Gudeg sendiri ada yang berbahan dasar gori atau nangka muda yang biasa kita kenal dengan gudeg gori dan satu lagi berbahan dasar manggar atau bunga kelapa yang biasa kita kenal dengan gudeg manggar.

Dalam penyajian gudeg biasanya ditemani dengan sayur krecek yang sedikit pedas, areh atau kuah santal kental, dan berbagai macam lauk seperti ayam, tempe, tahu, dan telur.

Di Gudeg Kangen Bu Manto ini kalian dipersilahkan mengambil nasi atau bubur sendiri, jadi bisa kalian sesuaikan dengan porsi kalian masing-masing.

Setelah kalian mengambil nasi atau bubur jangan lupa mengantrikan piring kalian diatas etalase.

Setelah beberapa saat mengantri, tibalah saatnya memilih lauk sebagai teman makan bubur gudeg. Saya memilih bubur gudeg dengan lauk ayam suwir dan tak lupa sayur krecek dengan ekstra kuah.

Gudeg Kangen Bu Manto | Fotografer Reza Rizki
Gudeg Kangen Bu Manto | Fotografer Reza Rizki

Setelah sepiring gudeg ayam suwir ditangan, kita bisa duduk disamping gang Masjid Soropadan. Tak lupa saya memesan segelas es teh sebagai pelepas dahaga. Ya memang, Gudeg Kangen Bu Manto ini termasuk gudeg kakilima. Tempat makannya pun cukup sederhana. Kalian bisa memilih duduk lesehan beralas tikar di trotoar atau menggunakan bangku plastic di gang samping Masjid Ash-Shobar. Tapi untuk cita rasa gudeg yang telah berjualan sejak tahun 1985 ini, menurut saya tidak kalah dengan gudeg restaurant.

Untuk seporsi bubur gudeg ayam suwir yang saya makan cukup dibanderol Rp 18.000 dan es teh Rp 3000. Cukup ramah dengan kantong mahasiswa saya mengingat porsi bubur yang saya ambil cukup banyak.

Selain gudeg, menu lain yang disajikan adalah nasi pecel gudangan. Seporsi nasi pecel gudangan dihargai Rp 6000. Ada juga gorengan yang bisa kalian jadikan camilan setelah bersantap gudeg. Untuk gorengan tahu, temped an bakwan dihargai Rp 2000 untuk 3 buah. Khusus pisang goreng dihargai Rp 1500 untuk satu buahnya.

Bagaimana tertarik mencoba nikmatnya Gudeg Kangen Bu Manto untuk sarapan esok hari?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Seporsi Kenangan di Mie Ayam Sendowo Pak Wiyono

Sat Jul 27 , 2019
Salah satu mie ayam favorit saya yang ada di Jogja ini adalah Mie Ayam Sendowo Pak Wiyono atau yang biasa saya sering sebut Mie Ayam Sendowo. Saya mengetahui Mie Ayam Sendowo ini malah dari kakak saya dan sebelum saya berkuliah di Jogja. Sekitar tahun 2008, saat saya libur sekolah terkadang […]
Mie Ayam Sendowo | Fotografer Reza Rizki